cara setting karburator Keihin PE,PJ,FCR & PWK

Setting karburator Keihin PE,PJ,FCR & PWK

Karburator Jetting
Saya sempat membaca banyak ulasan tentang cara setting karbu, nah saya sangat tertarik dengan sebuah pertanyaan 
“Kenapa ya bawahnya enak tapi tengahnya memmble(hihihix)….?” Lantas ada saja jawaban yang langsung memvonis itu pilot jet(PJ) dan setelan angin coba disetel lagi,, hmmm
Ya dengan semangatnya ingin membantu saya apresiasi deh, Cuma yang konyol adalah ketika kita tidak paham/belum paham pengkarbuan malah salah memberi petunjuk, sampai – sampai membangun opini publik bahwa itu sudah pasti pilot jet kekecilan atau bahkan Main jet yang perlu dinaikan.hmm okelah bismilah langsung ke topik Setting Karbu Keihin PE, PJ,FCR& Pwk
Di dalam karbu ada banyak komponen dan semua itu saling berkaitan, nah untuk kesesuaian kita mesti yakin dulu bahwa karbu yang ingin kita setting/ jetting ini benar benar presisi dengan kata lain kita percayakan kepada si produsen karbu itu sendiri, misal : Keihin, mikuni, atau versi sudconya Insyaallah Mantap., klo abal abal ya mesti tekun bongkar pasang klo lg apes, hihi

Oke Simak. Saya coba jelaskan segamblang mungkin nih
Komponen yang akan kita otak atik sesuai urutan nanti ada
istilah yg akan saya gunakan
BB : Bahan Bakar
PJ : Pilot Jet
Mj : Main jet.

Jika masih awam kita harus Latih Feeling dulu gan, gini caranya cari motor yg masih waras dan nyalakan 1 menitan dengerin tuh suara mesinnya lalu coba di cuk, maka RPM/Raungannya akan turun dan mbrrebet kan?
Kenapa bisa begitu ?
, “karena campuran yang awalnya sudah ideal kini berubah akibat tertutupnya aliran udara pada karburator akibat cuk tersebut kemudian ruang bakar menjadi kurang udara sedangkan aliran BB tetap” nah karna perbandingan BB jadi yang lebih banyak itulah disebut keborosan/kebasahan.
Nah klo sudah memahami teknik cuk berarti speedlover sudah paham dong bedanya mesin keborosan dan keiritan. Oke lanjut

1.       Pilot Jet
2.       Main Jet
3.       Jarum Skep
4.       Power Jet J(ika Ada)

  • Pilot Jet  adalah spuyer yang mengatur aliran BB pada RPM awal (berguna untuk langsam) dan cara settingnya yang paling mudah. Saat mengganti ukuran pilot jet selalu dikombinasikan dengan setelan angin atau biasa disebut Airscrew(Baut kecil dengan obeng “-“). Caranya : misalkan pada karbu PE 28 Nsr baru kita akan mendapatkan Pilot jet dengan ukuran ‘42’ bawaan karbu, perlu diingat bahwa tiap sepeda motor settingannya tidak pernah sama 100% untuk itu cermati ketika ukuran PJ ’42 dan karbu tersebut telah terpasang silakan sobat nyalakan motor tahan kira kira di 1/8 putaran lalu putar menutup baut airscrew( setelan angin) searah jarum jam nah nanti putaran mesin akan mbrebet / RPM perlahan turun (seperti motor di cuk) dan tahan grip gas jangan sampai mesin mati, kemudian kendurkan Airscrew carilah RPM tertinggi paling dan responsive. Jangkauan antara 1 – 2,5 putaran airscrew dari menutup.
Contoh Kenaikan/ Turun ukuran PJ : 35,’38,’40,’42,’45 dan seterusnya, klo dari 42 turun 1 step maka didapat ukuran ’40.  Begitupun MJ

Troubleshoot/ permasalahan PJ
  1.  jika Baut setelan angin ditutup RPM tidak turun baut setelan Airscrew                           bermasalah/ bisa juga PJ terlalu kecil(kering)
  2.  Bila putaran airscrew lebih dari 2,5 putaran itu tanda bahwa PJ kebesaran, Coba cek warna busi biasanya warna hitam jika keborosan.
  3. Bila Putaran airscrew kurang dari setengah putaran RPM sudah tinggi itu ciri pilot jet kekecilan maka naikan 1step.

Jika sudah paham kita lanjut.
Perhatikan baik baik grafik jetting dibawah dan pahami, semua yang tertulis disini adalah referensi dari buku “Carburetor Tunning Book Of Keihin” ini saya pelajari dari buku tersebut yang bisa di download gratis di situs milik “Keihin” berbahasa inggris.

Airsrew /slow jet : setelan angin dan pilot jet
Straight dia.   : Diameter jarum skep
Clip Position  : Klip jarum skep
Needle Taper : Keruncingan jarum

Grafik Tuning Carburetor keihin PE,PWK,PJ & FCR
















Airsrew /slow jet : setelan angin dan pilot jet
Straight dia.   : Diameter jarum skep
Clip Position  : Klip jarum skep
Needle Taper : Keruncingan jarum

  • Main Jet adalah spuyer yang menangani aliran bensin di RPM tinggi mulai dari ¾ putaran grip gas sampai Full throttle, nah ketika kita ingin mencari ukuran MJ yang tepat perlu feeling dan bantuan trik juga speedlover, gini triknya cari tahu dulu ukuran MJ karbu standar motor yang akan kita setting, ukuran pada main jet menandakan besar diameter lubang piranti tersebut
1.       Misalkan : motor Scorpio ukuran MJ standarnya 110, nah kita naikan 5 step. Posisi clip jarum ditengah(std)
Rumusnya :  ukuran Mj 110,112,115,118,120,122 (inget kepresisian ukuran sangat diperlukan, beli dari merk yg jelas)
*selisih dari 110 ke 112 hanya sebesar 0,02mm karena 110 itu adalah 1,1mm sedangkan 112 adalah 1,12mm dan jika dikurangi maka selisihnya 0,02mm
Sehingga didapat Mj 122, pasti ada yang nanya loh knp harus dinaikin 5 step dulu mas? Trus klo naik 4 step/ 10 step boleh engga?
“hmm, jadi gini tujuan dinaikin 5 step supaya kita mendapatkan ukuran MJ yang ketika dipasang nanti menimbulkan gejala keborosan /kebasahan /mbrebet klo 10 step kayanya terlaluuuu klo sekedar motor standar, karna kita berbekal tehnik CUK yang kita pelajari saat setting PJ tadi diharapkan kita sudah mampu merasakan perbedaan setelan karbu yang keborosan itu seperti apa” gitu speedlover
2.       Lanjut nih dengan MJ 122 lantas pasang MJ –nya di karburator dan pasang kembali di motor,standar 2 nyalakan!
Karna pada grafik diatas MJ memainkan peran di ¾ putaran grip gas – full, artinya cara tesnya geber motor dan mainkan dari ¾ - full grip gasnya, klo keborosan RPM lambat naik dan muncul asap hitam di knalpot disertai suara mbrebet.  Sekarang kita mesti turunkan ukuran MJ 2 step berarti di angka 118, sekarang ganti deh Mj nya dan geber lagi motornya, dan ternyata putarannya seperti ada jeda/ kosong nah itu indikasi Mj terlalu kering, supaya lebih yakin kita mesti cek elektroda busi, yaitu saat motor digeber full matikan mesin dan dijaga grip gas masih di full putaran barulah kita lepas busi tersebut. Jika memang kekecilan kondisi elektroda cenderung putih. Jika memang MJ 118 kekecilan sekarang kita naikan 1 step menjadi 120
Pasang dan geber lagi rasakan sampai tidak ada gejala keiritan dan keborosan, jetting sudah pas jika full throttle tidak timbul asap hitam dan RPM cepat naik juga responsif .perlu diingat kita sedang setting di ¾ sampai full throttle. Ok sekarang settingan bawah dan atas ketemu waktunya kita tes riding, rasakan tarikan motor mulai dari idle(langsam) terus putaran 1/8, 1/4 ,1/2 , 3/4 dan full throttle,
Bawahnya galak, atasnya galak, tengahnya memble (kenceng engga, ngedrop iya) hmm,
Nah kita memang belum melakukan setting di putaran tengah, terkadang adakalanya tanpa diutak atik settingan tengah ini otomatis langsung dapat, tapi kalo belum alias memblele gmn??
Ok Lanjut.

  • Settingan tengah karburator
ini sering dilupakan atau dikesampingkan, tidak sedikit orang yang merasakan akselerasi motor lemah tidak bertenaga lantas langsung memvonis itu ulah main jet, eits itu engga 100% benar, tapi sedikit benar, karna dari grafik diatas bisa kita simpulkan baik itu karburator type PE,PWK,FCR,PJ semuanya untuk putaran tengah itu didominasi oleh part yang namanya jarum skep, dan setelah dicermati grafik diatas sebetulnya jarum skep itu sudah bermain di putaran 1/8 yaitu bagian diameter jarum tersebut (straight dia.) -  posisi clip – dan keruncingan jarum (needle taper).
Settingan tengah ini penting untuk menentukan karakter & akselerasi mesin. Perhatikan gambar diatas baik itu type PE,PWK,FCR semuanya sudah dibantu oleh professor di Keihin Sana, jadi bukan asal tebak karna setiap praktek the best pasti ada teori yang the best pula untuk menuntun praktek tersebut speedlover . Jika diawal kita sudah bermain di PJ dan Mj mari kita bahas

Komentar

  1. Mau tanya min
    Motor saya megapro 250 cc pake karbu pwk 35 jarum ganti tipe dgl , pada rpm tengah tu brebet kayak kurang bensin padahal posisi kancingan jarum skep pada nomor lima ato bawah sendiri
    Tu solusinya gimana min
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobak pakai jjh. Aku pakai dgl gitu trus ganti jjh ga brebet

      Hapus
  2. Saya nak tanya , spec LC135 sya 62 tpi pkai caburecarb PWK 30MM , and dia bobok , saiz mainjet dan pilotjet ap yg bgus utk sya ppasan , please respon????

    BalasHapus
  3. Maunanya minπŸ™πŸ™
    Motor saya gl 250 karbu pwk 34 enak nya di kasih pj dan mj ukuran brapa ya minπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  4. Juosssss, sangat membantu

    BalasHapus
  5. Mau tanya min mesin saya tiger dengan kapasitas 278cc karbu pake pwk 35 jarum dgl pj 35 mj 120 kk atasnya brebet ya .harusnya brp ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 278cc dg krbu pwk 35 PJ MJ sgtu kyknya kekecilan bnget

      Hapus
  6. mau tanya min mesin ninja r 150 masih setandar karbo pake keihin pwk 28 jarum jjy pj 38 mj 120 putaran bawah brebet tengah sampai atas sudah oke harusnya mj nya pake ukuran berapa ya terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini